Breaking News
Loading...
Sabtu, 04 Juni 2016

[VirtualBox] Cara Menghubungkan Debian Server ke Client (Windows)

Related Post :
Cara Install Debian 7 Wheezy
Cara konfigurasi IP di Debian 7.5
Assalamu’alaikum wr. Wb.
Selamat Hari sabtu. Tahu engga apa yang special di hari sabtu? Ya.. hari sabtu adalah hari update nya blog ini. Dan kali ini masih membahas tentang debian. Kita akan membahas Cara Menghubungkan Debian Server ke Client (Windows) menggunakan virtual Box. Saya gunakan debian sebagai server, dan Windows 7 sebagai Client. Dan pastinya menggunakan virtual box. Apa itu virtual box? Virtual Box adalah software gratis milik oracle yang berfungsi untuk mem-visualisasikan sebuah atau banyak Sistem Operasi (OS) didalam Sistem Operasi utama kita.
Jadi kita tidak perlu punya banyak komputer untuk memakai atau menguji beberapa system operasi. Kembali ke topik postingan. Langsung saja kita simak langkah-langkahnya :
1. Masuk ke debian. Login sebagai Root.
2. Jika anda belum memberi / mengkonfigurasi IP di debianmu, baca postingan Cara konfigurasi IP di Debian. Jika sudah, lanjut ke langkah berikutnya
3. Pada virtual box, klik settings, pilih network atau jaringan. Dan atur seperti gambar dibawah. Klik OK
Cara Menghubungkan Debian Server ke Client (Windows) menggunakan virtual Box
4. Buka Control Panel > Network and internet > Network and sharing center > Change Adapter Setting > Lalu pastikan VirtualBox Host-Only Network dalam keadaan enable
Cara Menghubungkan Debian Server ke Client (Windows) menggunakan virtual Box
5. Klik kanan VirtualBox Host-Only Network > Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IP) > Properties > Masukkan IP yang berada dalam 1 Jaringan yang sama dengan server Debian anda.
Cara Menghubungkan Debian Server ke Client (Windows) menggunakan virtual Box
Catatan : Dalam server debian, saya memakai IP 192.168.1.1 , maka IP yang saya berikan ke client 192.168.1.2 (yang harus beda Cuma Host ID nya saja, karena itu merupakan IP kelas C)
6. Setelah semuanya selesai, buka Command Promp (cmd) untuk memastikan sudah terhubung atau tidak jaringannya. Ping IP server
Cara Menghubungkan Debian Server ke Client (Windows) menggunakan virtual Box
Jika seperti gambar diatas, berarti server sudah konek atau terhubung dengan client. Begitulah cara mengkoneksikan atau menghubungkan Debian Server ke Client (windows) menggunakan virtual box. Simple dan mudah bukan? Pastinya. Terus kunjungi blog ini yah. Dan tunggu update besok. Update setiap sabtu dan minggu. Jika ada yang tidak maksud, silahkan anda Tanya dikomentar. Jika mau copy artikel ini. Harus menyertakan Link Sumber :
http://uripraharjo98.blogspot.co.id/2016/06/cara-menghubungkan-debian-server-ke-client-menggunakan-virtualbox.html
Sekian dari saya. Oiya doakan saya Lancar mengikuti seleksi LKS IT Networking and Support yah.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

1 komentar:

 
Toggle Footer