Breaking News
Loading...
Minggu, 29 Mei 2016

Cara konfigurasi IP di Debian 7.5

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Bertemu lagi dengan saya Urip Raharjo Selaku admin di blog ini. Seperti biasa saya update postingan setiap hari sabtu dan minggu. Kok Cuma sabtu minggu gan? Gk tiap hari? Karena sekolah liburnya Cuma sabtu minggu saja. Daripada hari liburan bengong, mending saya luangkan waktu untuk posting hal yang bermanfaat.
Related Post :
Cara Install Debian 7 Wheezy
Pada hari minggu yang mendung ini, saya akan memposting tentang Cara Konfigurasi IP Address di Debian 7. Atau memberi alamat pada Debian, bahasa kerennya IP Address. Konfigurasi IP Address ini bertujuan untuk memberikan Alamat IP pada computer sehingga dapat digunakan dalam jaringan komputer.
Mari kita simak langkah-Langkahnya dibawah ini :
1. Edit file “interface" yang berada pada directory /etc/network. Ketik perintah nano /etc/network/interfaces
2. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
3. Ubahlah sedikit file konfigurasi. Caranya :
- allow-hotplug diganti dengan auto
- dhcp diganti static
- Tambahkan beberapa script seperti ini :
address 192.168.1.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.1.0
broadcast 192.168.1.254
gateway 192.168.1.1

Catatan : pemberian Alamat IP nya terserah anda. Saya menggunakan IP 192.168.1.1
- Lalu save konfigurasinya dengan cara ctrl+x => y => Enter
4. Selanjutnya kita restart interfacesnya. Caranya ketik /etc/init.d/networking restart. Bila saat mengkonfigurasinya berjalan dengan baik tanpa kesalahan, maka ketika di restart akan muncul tampilan seperti ini.
5. Langkah-langkah konfigurasi selesai. Sekarang komputer kamu sudah mempunyai alamat IP dan siap digunakan untuk jaringan. Untuk mengecek alamat IP kita, cukup tulis ifconfig

Demikianlah Tutorial yang bisa saya sampaikan pada pertemuan kali ini. Sampai bertemu lagi minggu depan. Jika ada yang bingung, silahkan anda ajukan pertanyaan di kolom komentar, pasti saya akan jawab secepatnya. Kalau anda mau mengcopy artikel ini, mohon cantumkan Link sumber postingan ini :
http://uripraharjo98.blogspot.co.id/2016/05/cara-konfigurasi-ip-di-debian-75.html
Saya sudah siapkan Video Tutorialnya dibawah, semoga dapat membantu anda. Jangan sungkan-sungkan berkunjung di blog ini. Jangan lupa subscribe Youtube nya ya :D
Channel Youtube : Sri Urip Raharjo
Jika video tidak muncul, klik link ini : Cara konfigurasi IP di Debian 7.5

1 komentar:

 
Toggle Footer